Laporan Kegiatan FGD
"Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"
1. Nama
Kegiatan
Fokus
Group Discussion "Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dan
Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"
2. Tempat
SDN 1 Ambekaeri, Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara
3. Waktu
Kamis, 27 Oktober 2022
4.
Penyelenggara Kegiatan
Kepala SDN
1 Ambekaeri, Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara
5. Sasaran
Peserta
Guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus 3 Kecamatan Unaaha yaitu guru
SDN 1 Ambekaeri dan SDN 2 Ambekaeri
6. Output
kegiatan
Kegiatan Fokus Group
Discussion Diseminasi
Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dan Pengembangan Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila yang
diinisisasi oleh Kepala SDN 1 Ambekaeri, Ibu Jusnawati, S.Pd dengan tujuan
meningkatkan kompetensi guru dilingkup satuan pendidikan khususnya di SDN 1
Ambekaeri diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreatifitas guru dalam
proses pembelajaran yang dapat menunjang implementasi kurikulum merdeka seperti
yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Sebagaimana diketahui bersama
bahwa SDN 1 Ambekaeri menerapkan kurikulum merdeka dengan pilihan Mandiri
Belajar sehingga kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam memahami konsep
kurikulum merdeka seperti melakukan pelatihan secara mandiri. Saya yang
merupakan sekretaris KKG Gugus 3 Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Propinsi
Sulawesi Tenggara dan sekaligus ketua panitia dalam kegiatan Fokus Group
Discussion ini berharap kegiatan ini sebagai upaya kolaborasi dan transformasi
bagi guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus 3 Kecamatan Unaaha ini terkhusus
guru SDN 1 Ambekaeri dan SDN 2 Ambekaeri untuk menerapkan model-model
pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dalam menumbuhkan
ekosistem digital dalam mewujudkan merdeka belajar murid.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Konawe atau yang mewakili dalam hal ini Pengawas Kecamatan Unaaha Dinas
Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Konawe yaitu Bapak I Wayan Suni, S.Pd.
Beliau menyampaikan dukungannya dan mengapresiasi agar kegiatan seperti ini
harus sering dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru.
Kegiatan Fokus Group
Discussion Diseminasi
Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dan Pengembangan Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dilakukan dengan kolaborasi bersama Sahabat Rumah
Belajar tahun 2022 Ibu Riskawati, S.Pd., M.Pd dan Guru Penerima Anugerah 74
Ikon Prestasi Pancasila Bapak Edi Arham, S.PI., M.Pd. Masing-masing
narasumber mempresentasikan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah yang
bisa menjadi pilihan peserta kegiatan dalam menerapkan praktik baik di kelas.
Dalam kegiatan
ini saya mencoba melakukan diseminasi berbagi praktik baik Model DILAN
(Discovery-Inquiry Learning) berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah
Belajar dalam menunjang pembelajaran diferensiasi yang diharapkan dapat
diterapkan oleh rekan-rekan guru dalam proses pembelajaran di kelas karena
siswa bisa mendapatkan pengalaman belajarnya secara langsung melalui
proses menemukan sendiri hasil belajarnya. Dengan Mengintegrasikan Model DILAN
dalam pembelajaran diferensiasi diharapkan dapat mewujudkan merdeka belajar
bagi murid. Konsep pembelajaran Discovery-Inquiry merupakan rangkaian kegiatan
belajar yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari
dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir
ini biasanya dilakukan dengan kegiatan tanya jawab atau dialog dua arah antara
guru dan peserta didik. Secara eksplisit materi pembelajaran tidak diberikan
secara langsung tetapi peserta didik mencari dan menemukan sendiri materi
pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam
kegiatan belajar (Atik Wartini:2017). Dalam kesempatan ini juga saya
menyosialisasikan Portal Rumah Belajar sebagai salah satu aplikasi pembelajaran
yang dapat digunakan secara gratis oleh guru dan murid yang dapat memudahkan
mencari informasi pembelajaran melaui fitur-fitur yang ada dalam portal rumah belajar
sesuai dengan tema pelajaran yang sedang dipelajari.
Diseminasi merupakan suatu kegiatan yang ditujukan
kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi,
timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.
Dengan demikian kegiatan Kegiatan Fokus
Group Discussion Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dan
Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat dimanfaatkan
guru untuk memperoleh informasi dan selanjutkan memanfaatkan informasi tersebut
dalam menerapkan model-model pembelajaran pembelajaran
inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan menjadi bagian dari
transformasi pendidikan dalam menumbuhkan ekosistem digital dalam mewujudkan
merdeka belajar murid yang menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka.
7.
Narasumber
- Normayanti, S.Pd., M.Pd
(Praktik Baik Pembelajaran Model DILAN atau Discovery Inquiry
Learning berbasis TIK dengan
memanfaatkan Portal rumah belajar dalam menunjang pembelajaran
diferensiasi)
- Riskawati, S.Pd., M.Pd
(Praktik Baik Pembelajaran Model SOLE berbasis TIK)
- Edi Arham S.PI., M.Pd (Praktik Baik Model IDAMAN & Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar